Kamis, November 06, 2008

Shogun dilawan..

Pagi yang dingin. Brr..
Maksud hati sih pingin nulis tentang sesuatu yang gue dapet dari bacaan tetralogi laskar pelangi. Tapi nulis tentang ibu bole juga. Hmm..

Shogun dilawan..
Tau slogan itu kan? Slogan sepeda motor yang nunjukin kalau sepeda motornya gak bakal terkalahkan ama sepeda motor manapun.
Dan itulah julukan ibu gue di sekolah dan di rumah. Kenapa?
Tunggu dulu, sebenarnya nama asli ibu gue Nusa Tjahja Pratiwi Toza. Tapi berhubung omongannya yang selalu punya ide kreatif untuk mengalahkan omongan orang lain, maka teman ngajar satu sekolahnya-Pak Eko- menyebutnya dengan sebutan ‘Shogun Dilawan’.
Begitu juga kalau di rumah. Ibu selalu buat gue tertawa, yah minimal tersenyum.

Pernah suatu ketika gue lagi anter ibu naek sepeda motor menuju Gayung Sari, rumah nenek. Kebetulan ibu sedang pingin banget sama yang namanya pentol, jajanan yang biasanya disukai para anak SD, tapi sekarang udah nyebar hingga para orang tua.
Liat di pinggir jalan ada tukang pentol lagi mangkal di depan SMP deket rumah. Ibu spontan bilang, “ wuik pentol, enak ya Pit!” (sori, nama gue bukan Brad Pitt, tapi Ny. Brad Pitt. Hahaha)
Dan ibu melanjutkan ucapannya, “Ibu juga punya pentol ni di jilbab.” Sambil nunjukin pentolan jilbabnya yang emang gedhe banget. Gimana gak gedhe, ibu pake daleman jilbab ampe 2. Yang pertama kerpus yang ada pentolannya, ditumpuk daleman jilbab yang ada topinya.
Hahaha.. spontan gue langsung ketawa ngakak dalam helm teropong gue ketika ngelirik kaca spion.

Pernah juga waktu gue lagi nyuci baju pake mesin cuci. Habis selese dikasih pewangi, maka tahapan berikutnya ya pengeringan. Gue sering gagal untuk ngelakuin proses itu. Pasti ntar mesin cucinya bakal bunyi dok-dok-dok.. yang artinya ada posisi pakaian yang gak tepat atau terlalu bergerombol. So, harus dimatiin dulu dan dibenerin dengan ngaduk-aduk pakaian sampe dirasa udah gak bakal bunyi dok-dok-dok (lagi). kebetulan, ibu gue lagi nyetrika disamping mesin cuci. Liat anaknya yang paling cantik ini lagi kesusahan, ibu langsung turun tangan. Beneran turun tangan buat ngaduk-aduk pakaian yang gak pas pada tempatnya, sambil bilang “undian berhadiah yuk diaduk, dan pemenangnya adalah…”
Swing… mesin cuci udah gak bunyi dok-dok-dok (lagi). Spontan gue yang tadi diem aja karena gak bisa menampilkan performa nyuci yang terbaik di hadapan ibu, langsung ngakak sejadi-jadinya. Kok bisa gitu ibu mikir undian berhadiah..

Gak satu/dua kejadian sama ibu yang bikin gue ketawa lepas. Kebiasaan keluarga gue tiap pagi dan petang adalah menikmati susu hangat. Kita emang selalu beli susu bubuk dalam bentuk sachet biar praktis. Kebetulan yang tersedia di rumah, susu dalam sachet yang kecil. Jadi tiap gelas harus dituang 2 sachet biar terasa susu coklatnya. Nah, ibu punya cara unik buat motong bungkus sachet itu. Dua bungkus dilipat dan kres-kres-kres. Otomatis dua bungkus tadi langsung kebuka, dan tinggal tuang ke cangkir.
Saat ibu lagi melakukan aksi hebatnya itu, gue sebagai anaknya langsung takjub melihatnya. Spontan gue bilang “wah mami kreatif ya..emang mami ipik gak da duanya..”
Nyokap langsung jawab “iya kalo ibu ipik kan diem, tapi kalo mami ipik langsung terr-terr-terr” sambil menggoyangkan pinggulnya ke kanan dan kiri.
Heran. Maksud ibu apaan sih?? Terr-terr-terr??
Sekali lagi ibu mengulangi kalimatnya yang tadi. Karena gue belum ngerti juga, akhirnya ibu menjelaskan kalo ibu ipik di HPnya tuh untuk profile diem, sementara mami ipik untuk profile berdering.
Gue yang dari tadi gak ngerti, langsung dalam sekejap melongo dan detik berikutnya langsung, Wakakakakakakak… Mami…….!! Ada aja.

Emang, mami gue gak ada duanya. Ya iyalah, masa’ ya iya donk. Ya Jusuf Kalla, masa’ Jusuf Kadong. Hahahahahahahaha….

1 komentar:

wajah lusi mengatakan...

mamimu keren....
gaul abis!