Senin, Agustus 31, 2009

ada kucing penasaran ma mukenahku

malem hari waktu ane ikutan teraweh di masjid Al Akbar alias mesjid agung, bergeserlah posisi ane dari barisa paling belakang ke barisan paling depan. secara jamaah lainnya pada minggat dari posisinya karena ngerasa udah cukup dengan sholat 8 rokaat (solat witir sendiri). dan ane ngelanjutin teraweh ampe 20 rokaat ditambah witir 3 rokaat berjamaah.

rokaat pertama setelah ane ada di barisan paling depan, ada kucing lewat dengan santainya dan langsung ambil posisi duduk di depan sajadah orang kedua sebelah kiri ane. konsentrasi ane agak dikit buyar. okeh ane berusaha untuk gak terkecoh ngeliat ke arah si kucing td.

selese salam, ane puas-puasin untuk ngeliat tuh kucing yang dengan gaya andalannya membuka kedua kakinya dan menjilat-jilat kulit sekitar kemaluannya. kagak punya malu yah tuh kucing, heran ane (lebih heran lagi kenapa ane sampe mikir kucing kagak punya malu kalee).

ane berdiri lagi buat ngelanjutin teraweh. tiba-tiba ada anak kecil dengan riangnya mengelus-elus si kucing. dan konsentrasi ane agak buyar. sambil baca bacaan sholat, ane mikir, 'ngapain si tuh anak kecil ganggu kucing. bisa gawat kan kalo kucingnya jalan-jalan di atas sajadah. lebih-lebih kalo duduk tenang di atas sajadah ane. dan uda ane persiapin mateng-mateng kalo tuh kucing beneran berleha-leha di atas sajadah ane, tuh kucing bakalan ane angkat dan whuss..whuss.. si kucing pergi melenggang dengan angkuhnya. sempurna'
(gila ya, lagi sholat mikir gitu, batal tuh!!)

selese salam lagi, ane agak sedikit lega karena tuh anak kecil uda ngilang menuju maminya sambil bilang, 'mami ada kucing lucu, dipelihara yok!' (cuma khayalan ane, aslinya sih gak bilang gitu)

eh begitu ane mau solat lagi tuh anak dateng lagi. kali ini malah nendang-nendang kucing yang dalam atinya pasti bilang gini, 'duh plis deh anak kecil, ngapain sih ganggu gue, lagi enak nih (njilatin kulit) tanggung tauk! udah deh gak usah bikin gue naek pitam ye!' (bahasa kucing gaol banget yah)

belum nyampe rukuk, tuh kucing uda ngibrit dari posisinya semula. 'gawat!' pikir ane. okey stay calm, tuh kucing gak bakal ganggu kalo ane diem aja.

oke tuh kucing berjalan menuju arah ane. masih tetep diem. rileks aja..


and, damn! tuh kucing beneran duduk di bawah kaki ane! dan malah seneng mainin mukenah bagian bawah ane. dikira ane ngajakin maenan kali ya. (tau kan gimana reaksi kucing kalo diajakin maenan bola-bola gitu? yah kayak gitu deh persisnya)

udah deh tanpa pikir panjang, daripada kaki ane sakit gara-gara kena cakar, mending ane angkat mukena ane (jadi kayak cinderella mau lari biar roknya gak kesrimpet) dan ane tendang tuh kucing pelan-pelan. dan akhirnya pergi dengan tanda tanya besar dalam pikirannya sebagai seekor kucing, 'jadi tadi yang ada di balik mukena apa yah??'

wah ane ketinggalan rukuk!
*jadi menurut aturan orang yang ketinggalan sholat berjamaah, orang tadi dianggap mengikuti 1 rokaat kalo dia berhasil ngikutin gerakan rukuk. tapi begitu imam melakukan gerakan i'tidal (bangkit dari rukuk) orang tadi udah ketinggalan 1 rokaat dan wajib menggantinya setelah imam mengucapkan salam.*

karena ane tadi ngebatalin sholat gara-gara ngangkat mukena dan ngusir kucing penasaran tadi, maka ane termasuk orang yang ketinggalan sholat. dan ane gak pake ikutan rukuk, langsung ikut i'tidal dan ngelanjutin gerakan sholat lainnya persis imam tanpa mengganti rokaat yang HARUSNYA ane ganti.

kira-kira ane bisa ditoleransi gak ya ma Allah, cuma gak ikutan rukuk kok..
kedip-kedip mode on ;D

Tidak ada komentar: