Senin, November 16, 2009

dibalik 1 bulan

udah 1 bulan lebih 6 hr ane diwisuda. uda bolak-balik jakarta surabaya juga. uda banyak pengalaman buat ane yang ngebuat ane jadi bisa lebih bijak dalam menghadapi hidup. begitu kan sebenarnya perjalanan hidup dimaknai, agar bisa menjadi seseorang yang mature alias dewasa. bukan menjadi sosok yang merasa kegagalan adalah dirinya hanya gara-gara gak ada satupun lolos dalam tes2 di tiap lamaran yang dikirim *sedikit curhat si*. dan ketika kita dalam pelukan sang Kholik lah, baru merasakan inilah yang dimaksud apa perjalanan yang baru saja kita lalui.

banyak hal yang bisa ane ambil dari hidup di Jakarta sebagai anak kos di kota paling macet se Indonesia, atau bahkan se dunia.
yang pasti ane beruntung banget bisa jalan-jalan ke Jakarta dibandingkan ma temen-temen ane yang hanya 'berkubang' di Surabaya, menyusuri jalanan yang itu-itu saja, melihat papan reklame yang gambarnya tetep sama dari hari ke hari.
sementara ane bisa ngerasain ngekos yang depannya ada orang melihara anjing 3 gede pula, bisa ngerasain naek metromini yang jalannya sabet sana sabet sini, ngerasain macetnya jalanan Jakarta yang gak hanya di jalan protokol tapi juga gang kelinci, banyak deh.
dan itu SENDIRIAN. *i mean without my parents as usual i went to Jakarta before*

berat men hidup disana. makan mahal, minum mahal, ngekos mahal, boker juga *yang terakhir sih sama aja kali ya dimana-mana*.

sekarang, ketika ane sudah kembali di kota tercinta, Surabaya, ane bisa ngerasain kalo emang begitulah ane hidup. berliku-liku ke Jakarta dulu. gak perlu menyesali apa yang uda terjadi, gak perlu malu, gak perlu ngerasa ngecewain banyak pihak yang uda ngebantu (baca : ortu). tapi gimana sekarang menatap ke depan. ngelihat peluang yang bisa kita raih. apapun itu selagi masih di jalan yang bener.
kebahagiaan ortu adalah ketika anaknya bisa mengatasi masalah yang sedang dihadapi dengan sabar dan terus bergerak. bukan nangis, bukan sedih apalagi frustasi.

sama seperti dalam buku berjudul 5 cm yang ane baca. semua sudah tersedia buat kita, yang diperlukan sekarang cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering mendongak ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan mulut yang akan selalu berdoa.


semoga ane bisa melakukan hal yang bisa bermanfaat buat masa depan, keluarga, bangsa dan agama ane ke depan. begitu juga ente yang ngebaca tulisan ini. percaya deh, gak ada sesuatu yang sia-sia di dunia ini. tetep semangat!




1 komentar:

fajrulfalakh mengatakan...

Yang penting tetep terus semangat!